Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR) adalah pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan. Tanggung jawab sosial adalah komitmen bisnis untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kehidupan karyawan dan masyarakat.

Perseroan berkomitmen untuk menerapkan CSR terbaik dengan berbagai program yang dimiliki dimana Perseroan telah berkontribusi dalam kampanye anti-narkoba, penyiaran saluran televisi pemerintah, beasiswa, dan donor darah.


CSR 2018

Program Tanggung Jawab Sosial Terkait Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan


Kanal Balai Kota

Source: www.beritasatu.com


Perseroan memberikan akses ketersediaan akan stasiun televisi pemerintah melalui “Balai Kota Channel”. Hal ini memungkinkan pemerintah untuk mengedukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pelayanan pemerintah yang akurat dan tidak bias.

Siaran yang disampaikan Balai Kota Channel meliputi kegiatan pemerintah, pengumuman kebijakan pemerintah, informasi mengenai pembangunan daerah dan promosi pariwisata. Balai Kota Channel berkembang menjadi suatu wadah yang dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka untuk daerahnya dan juga dapat memberikan kritik yang membangun kepada pemerintah. Tujuan dari stasiun televisi pemerintah ini adalah untuk menciptakan komunikasi yang terbuka antara pemerintah dengan konstituennya yang diharapkan dapat memecahkan suatu masalah secara cepat dan dapat menerapkan program-program pemerintah dengan tepat.  

Sampai dengan akhir tahun 2018, Perseroan telah menjalin kerjasama dalam penyediaan Balai Kota Channel dengan 1 (satu) Pemerintah Provinsi (Pemprov) yaitu DKI Jakarta dan 3 Pemerintah Kota (Pemkot) yang meliputi Bandung, Malang, dan Bogor.


IDX Incubator

IDX Incubator merupakan sebuah proyek yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia untuk mendukung startup berbasis digital dengan prospek bisnis berskala luas, untuk mulai membangun dan mengembangkan bisnisnya. Di masa depan, startup berbasis digital diyakini sebagai kekuatan pendorong percepatan bisnis di setiap lini industri. Oleh karena itu, Bursa Efek Indonesia mengambil inisiatif untuk menjadi fasilitator untuk menumbuhkan startup berbasis digital dan menjembatani akses startup dengan Investor dan Perusahaan Tercatat. Saat ini IDX Incubator berlokasi di 3 kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Perseroan selaku penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi mendukung penuh proyek IDX Incubator dan ikut berkontribusi sebagai salah satu penyedia koneksi internet untuk IDX Incubator pada tiga kota yaitu Jakarta dengan kapasitas (bandwidth) sebesar 100Mbps, Bandung dan Surabaya masing-masing dengan kapasitas (bandwidth) sebesar 10Mbps.


Pemberian Beasiswa


Beasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi

Perseroan memberikan komitmennya dalam pemberian beasiswa tingkat sarjana pada Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi, di Universitas Pelita Harapan (UPH). Beasiswa tersebut dapat membantu karyawan Perseroan yang belum mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan dan membutuhkan dukungan dana agar mendapatkan kesempatan dalam menempuh pendidikan tingkat sarjana serta mendapatkan pengetahuan yang diperlukan.

Melalui program beasiswa ini, Perseroan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi karyawannya. Selain itu, Perseroan juga berharap program ini dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan demi memenuhi kebutuhan Perseroan sehingga diharapkan dapat memberikan dampak yang positif untuk keberlangsungan Perseroan.

Total beasiswa yang diberikan pada tahun 2018 kepada 11 orang karyawan Perseroan untuk masa studi selama 4 tahun adalah senilai ± Rp589 juta.


Beasiswa Magister Manajemen

Pada tahun 2018 Perseroan melanjutkan komitmennya di dalam pemberian beasiswa untuk tingkat Magister Manajemen (S2) di Post Graduate program Universitas Pelita Harapan (UPH). Melalui program beasiswa ini, Perseroan  untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para karyawannya agar dapat berkontribusi kembali di waktu yang akan datang. Perseroan juga  program ini dapat meningkatkan minat karyawan untuk menjadikan Perseroan menjadi tempat kerja pilihan. Sekaligus menjadikan Perseroan mampu berkompetisi di dalam kemampuan karyawannya, khususnya di dalam bidang industri yang sejenis.

Total beasiswa yang diberikan kepada karyawan pada tahun 2018 adalah untuk 4 orang karyawan yang telah melalui seleksi ketat. Nilai beasiswa yang diberikan Perseroan berjumlah ± Rp230 juta.


Beasiswa Sertifikasi Teknikal

Perseroan juga memberikan beasiswa untuk program yang bersifat “Sertifikasi Teknikal” khususnya untuk karyawan di bagian Technology &  Perseroan. Nilai pemberian beasiswa ini variatif tergantung kepada jenis sertifikasi yang dilakukan oleh karyawan. Perseroan selalu mencadangkan dana untuk memastikan agar karyawan-karyawannya mendapatkan sertifikasi yang dibutuhkan  mendukung peningkatan kompetensi karyawan Perseroan.


Dukungan Konektivitas Internet di Papua

Sebagai wujud komitmen terhadap pengembangan konektivitas internet di berbagai wilayah di Indonesia, pada bulan Februari 2018 Perseroan bekerjasama dengan salah satu penyelenggara jasa internet, untuk menyediakan konektivitas internet selama 48 (empat puluh delapan) bulan bagi Sekolah Lentera Harapan (SLH) Nalca, Papua, melalui Yayasan Pendidikan Harapan Papua (YPHP), atau setara dengan nilai berlangganan internet sebesar Rp200.000.000,-.

Koneksi internet merupakan salah satu sistem yang mendukung pengembangan konektivitas di antara para guru, perawat, dan orang-orang di Nalca, Papua, ke dunia luar, untuk mencari sumber pengajaran, komunikasi untuk keadaan darurat dan hubungan antar sesama, sebagai bagian dari 4 cara dalam mendukung pendidikan melalui pelayanan YPHP. Keempat cara tersebut adalah dengan: sistem layanan kesehatan, konektivitas / koneksi internet, listrik (panel surya dan tenaga air) serta pertanian dan peternakan.


Donor Darah

Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela atau pengganti untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah. Tujuan dari mendonorkan darah untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Darah yang telah didonorkan bisa dimanfaatkan orang yang membutuhkan pertolongan seperti korban kecelakaan, pengidap kanker atau kelainan darah, dan masih banyak lagi. Menurut World Health Organization (WHO), jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia mencapai 5,1 juta kantong darah per tahunnya atau sekitar 2% dari jumlah penduduknya. Namun kenyataannya, Indonesia kekurangan 500 ribu kantong darah, dimana hanya 4,6 juta kantong darah dari 3,05 juta donasi. Dalam upaya untuk memperbaiki kekurangan ini dan untuk memberi pengaruh positif pada kesehatan di Indonesia. Perseroan berperan aktif dalam menanganinya dengan mengadakan program donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia. Selain itu, kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya donor darah dan memberikan manfaat untuk masyarakat. Bagi sebagian masyarakat yang membutuhkan, donor darah bisa menyelamatkan hidup mereka. Sedangkan bagi pendonor, manfaat donor darah dapat dirasakan guna menunjang kesehatan tubuh.

Pada tahun 2018, Perseroan melaksanakan program CSR dalam bentuk kegiatan donor darah sebanyak 5 (lima) kali berlokasi di Jakarta dan Tangerang.

Perseroan mengadakan kegiatan donor darah dengan jadwal sebagai berikut:

No. Tanggal Lokasi Partisipasi
1 15 Maret, 2018 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 152
2 29 Maret, 2018 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 103
3 18 July, 2018 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 160
4 26 November, 2018 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 135
5 19 December, 2018 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 100
 

Program Magang dan Kerja Praktek

Perseroan memberikan kesempatan bagi para siswa dan mahasiswa dari beberapa universitas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia yang memenuhi kriteria untuk dapat melakukan magang atau kerja praktek pada Perseroan. Program ini dilaksanakan untuk mendukung baik siswa maupun mahasiswa dalam studinya dan memberikan bekal yang cukup pada pengenalan awal para siswa dan mahasiswa dengan dunia kerja. Pada tahun 2018, tercatat 26 mahasiswa dari beberapa universitas di Indonesia dan 8 siswa Sekolah Menengah Kejuruan mengikuti Program Magang dan Kerja Praktek di Perseroan.

 


Program Tanggung Jawab Sosial Terkait Ketenagakerjaan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja


Ketenagakerjaan

Perusahaan merealisasikan berbagai program pemenuhan hak dan kewajiban karyawan sesuai perundang-undangan dan peraturan Perusahaan sebagai kebijakan ketenagakerjaan. Pada tahun 2018, Perseroan menerapkan program tanggung jawab sosial untuk lebih memperkuat hubungan antara Perusahaan dan karyawannya. Kami percaya bahwa menjaga kesejahteraan karyawan adalah dasar dari membangun kepercayaan, produktivitas dan hubungan jangka panjang terhadap Perseroan. Pada akhirnya tercapainya tujuan keuangan Perseroan akan berkaitan erat dengan kesejahteraan karyawan.


Pengembangan Kompetensi Karyawan

Untuk terus mengembangkan kemampuan karyawan, Perseroan menyediakan akses untuk pengembangan secara profesional dalam bentuk kursus, pelatihan dan program pendidikan yang terkait dengan bidang kerjanya. Hal ini memastikan bahwa pengetahuan, keahlian dan kemampuan teknis dari karyawan Perseroan tidak dapat ditandingi dalam persaingan industri.

Berikut ini adalah pelatihan yang dilakukan oleh Perseroan selama tiga tahun terakhir:

Pengembagan Kompetensi 2018 2017 2016
Jumlah Pelatihan 59 35 35
Jumlah Peserta 1284 877 824

Pelayanan Kesehatan

Karyawan yang sehat jasmani dan rohani merupakan aset yang berharga untuk itu Perseroan menjamin bahwa seluruh karyawan, pasangan dan anak-anak mereka dilindungi oleh asuransi kesehatan. Dalam hal ini, Perseroan bangga dapat memberikan jaminan kesehatan kepada karyawan dan keluarganya. Kesehatan karyawan sangat penting untuk mempertahankan tenaga kerja yang produktif dan memuaskan. Untuk membantu karyawan dalam menjaga kesehatan mereka, Perseroan menyediakan pemeriksaan kesehatan berkala.

Perseroan bekerjasama dengan Lippo Insurance  program kesehatan pemerintah Indonesia  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dikenal sebagai “BPJS”. Ketentuan-ketentuan, prosedur, serta besarnya jumlah tunjangan dan/atau fasilitas perawatan kesehatan ditetapkan tersendiri melalui surat keputusan Direksi yang berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berikut ini adalah total biaya yang dikeluarkan  Perseroan untuk perawatan kesehatan karyawan dalam tiga tahun terakhir:

Biaya Pelayanan Kesehatan 2018 2017 2016
Total (Rp) 9,984,521,490 8,609,097,859 6,730,968,256

Program Pensiun

Setiap karyawan yang memasuki masa pensiun akan mendapatkan Jaminan Hari Tua dari Perseroan. Besarnya uang besarnya disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan, kecuali karyawan yang mengikuti program pensiun dengan premi/ iuran yang dibayarkan oleh Perseroan.

Berikut jumlah pengeluaran Perseroan pada program pensiun dalam tiga tahun terakhir:

Biaya Pensiun 2018 2017 2016
Total (Rp) 6,452,621,491 5,050,126,918 3,792,373,113

Kebijakan Tanggung Jawab Ketenagakerjaan Lainnya

Selain kebijakan Perseroan di atas, Perseroan juga memberikan tunjangan pada karyawan yang melaksanakan pernikahan, karyawan atau keluarga karyawan yang meninggal dunia, dan tunjangan untuk perjalanan dinas. Dalam hal perjalanan dinas untuk melaksanakan tugas sesuai dengan jabatan dan fungsinya, mengikut pelatihan/seminar atau penugasan lainnya sesuai keperluan Perseroan, Perseroan menyediakan biaya perjalanan dinas tersebut.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan

Perseroan menghendaki tempat kerja yang bebas dari kecelakaan dan infeksi penyakit dan juga  bagi lingkungan dimana perusahaan  Keselamatan kerja adalah melakukan  tanpa mengalami kecelakaan dengan menciptakan dan menjaga lingkungan kerja yang aman.

Keselamatan kerja dapat terkait dengan mesin, alat, peralatan kerja, bahan, dan lingkungan kerja. Sementara itu, kesehatan kerja adalah kondisi fisik, mental dan sosial dari karyawan. Perseroan ingin melindungi karyawan dari penyakit dan masalah kesehatan sehingga karyawan dapat berinteraksi secara aman di dalam lingkungan kerja. Selain itu, Perseroan ingin memastikan bahwa seluruh aktivitas bisnis perusahaan tidak memiliki dampak terhadap lingkungan hidup dimana perusahaan beroperasi.


Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (Program K3L)

Perseroan berkomitmen dalam menciptakan kondisi dan lingkungan tempat kerja yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan bagi semua  kepentingan. Hal ini sesuai dengan amanat dari Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 5 Tahun 1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, yang telah disempurnakan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Peraturan ini mengatur sistem manajemen perusahaan dalam pengendalian risiko kegiatan kerja, termasuk pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Menghadirkan lingkungan kerja yang aman dan nyaman adalah komitmen Perseroan untuk semua karyawan tanpa terkecuali. Untuk meningkatkan environment and safety awareness di semua tingkatan organisasi, Perseroan melaksanakan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) melalui aktivitas-aktivitas berikut ini:

  1. Pelatihan yang terkait dengan K3L, baik kepada karyawan maupun kepada mitra kerja Perseroan, seperti:
    1. Safety Induction untuk karyawan;
    2. Training untuk konstruksi dan instalasi jaringan;
    3. Training in Class dan sosialisasi kembali untuk setiap karyawan yang ditunjuk menjadi Floor Warden di lingkungan kerja gedung First Media, Link Net dan NRO;
    4. Fire Awareness Training yaitu pelatihan penggunaan alat pemadam api ringan bagi Floor Warden yang ditunjuk di lingkungan kerja gedung First Media, Link Net dan NRO
  2. Sosialisasi kesadaran keselamatan dan peduli lingkungan di tempat kerja kepada seluruh karyawan:
    1. Sosialisasi tindakan awal perlindungan dalam menghadapi kondisi Bahaya Gempa Bumi;
    2. Sosialisasi kondisi-kondisi pemicu  Bahaya Kebakaran serta pencegahan terjadinya kondisi-kondisi pemicu terjadinya Bahaya Kebakaran;
    3. Sosialisasi Komitmen Manajemen  memelihara lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran, mentaati peraturan pengelolaan lingkungan hidup, melakukan perbaikan terus menerus dalam pengelolaan lingkungan hidup serta  Kebijakan Lingkungan Hidup dan meningkatkan Ketrampilan Karyawan dalam pengelolaan lingkungan hidup;
    4. Sosialisasi simbol-simbol terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan;
    5. Sosialisasi untuk menghimbau dan  Karyawan menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja;
    6. Sosialisasi tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran dan tindakan-tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi Bahaya Kebakaran.

Perseroan terus berupaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman dengan menyediakan fasilitas dan peralatan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, seperti:

  1. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
  2. Sistem Hidran
  3. Sistem Pintu Akses
  4. Pintu Darurat/Evakuasi
  5. sistem CCTV

Khususnya pada ruangan yang memiliki  dalam kategori Safety Critical Equipment,  juga penerapan sistem temperatur dan kelembaban yang terukur, sistem pencahayaan dan kebisingan.

Sesuai komitmen manajemen terkait lingkungan kerja, Perseroan juga telah mengembangkan dan mengimplementasikan sistem manajemen terkait manajemen lingkungan dengan standarisasi ISO 14001:2015.

Melalui pengembangan Sistem Manajemen Lingkungan, Perseroan telah melaksanakan aktivitas berikut ini:

  1. Training dan Workshop untuk sosialisasi pengetahuan ISO 14001: 2015 kepada Manajemen dan Karyawan Perseroan.
  2. Pengujian kelayakan operasional di mana Perseroan telah memperoleh Surat Ijin Layak Operasional dari PJK3 yang ditunjuk oleh Kemenakertrans untuk penggunaan kendaraan forklift.
  3. Pengujian dan Pengukuran Lingkungan oleh Laboratorium Tersertifikasi KAN untuk Lokasi Kerja area Karawaci yang hasil pengujiannya menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja Perseroan telah memenuhi baku mutu lingkungan. Adapun parameter yang digunakan untuk pengujian lingkungan kerja adalah sebagai berikut:
    1. Uji emisi gas buang dan kebisingan genset
    2. Uji kualitas limbah cair domestik
    3. Uji kualitas udara lingkungan kerja
    4. Uji kualitas udara pencahayaan lingkungan kerja
    5. Uji kualitas emisi kendaraan
    6. Uji kualitas air bersih lingkungan kerja
    7. Uji kualitas udara umum lingkungan kerja
  4. Pemenuhan kepatuhan terhadap perundangundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  5. Pengembangan kebijakan dan prosedur operasi standar untuk pengelolaan lingkungan.
  6. Penyediaan peralatan dan perlengkapan untuk memenuhi standar pengelolaan lingkungan.

Kebijakan Tanggung Jawab Ketenagakerjaan Lainnya

Selain kebijakan Perseroan di atas, Perseroan juga memberikan tunjangan pada karyawan yang melaksanakan pernikahan, karyawan atau keluarga karyawan yang meninggal dunia, dan tunjangan untuk perjalanan dinas. Dalam hal perjalanan dinas untuk melaksanakan tugas sesuai dengan jabatan dan fungsinya, mengikut pelatihan/seminar atau penugasan lainnya sesuai keperluan Perseroan, Perseroan menyediakan biaya perjalanan dinas tersebut.


Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan

Perseroan menghendaki tempat kerja yang bebas dari kecelakaan dan infeksi penyakit dan juga aman bagi lingkungan dimana perusahaan  Keselamatan kerja adalah melakukan pekerjaan tanpa mengalami kecelakaan dengan menciptakan dan menjaga lingkungan kerja yang aman.

Keselamatan kerja dapat terkait dengan mesin, alat, peralatan kerja, bahan, dan lingkungan kerja. Sementara itu, kesehatan kerja adalah kondisi fisik, mental dan sosial dari karyawan. Perseroan ingin melindungi karyawan dari penyakit dan masalah kesehatan sehingga karyawan dapat berinteraksi secara aman di dalam lingkungan kerja. Selain  Perseroan ingin memastikan bahwa seluruh aktivitas bisnis perusahaan tidak memiliki dampak terhadap lingkungan hidup dimana perusahaan beroperasi.

CSR 2017

Corporate Social Responsibility Relates to Social and Community Development Program


Balai Kota Channel

Source: www.beritasatu.com


The Company provides the availability of the governments tv station ‘Balai Kota Channel’. This allows the government to educate and inform the public about government services in a format that is accurate and free from biased.

Broadcasts from the Balai Kota Channel include policy announcements, promotion of regional development and tourism. The Balai Kota Channel is evolving into a platform that Indonesians can use to convey their aspirations for their region and also give constructive criticism to the government. The goal of this tv station is to create an open line of communication between the government and their constituents which will hopefully lead to the faster resolution of problems and quicker implementation of government programs.   

As of the end of 2017 the Company has a relationship in providing the Balai Kota Channel with 1 (one) provincial government, the Jakarta provincial government and the 3 (three) municipal governments of Bandung, Malang and Bogor. .


Scholarship Granting


Scholarship of Faculty of Nursing

The Company since 2016 is providing scholarships for the Faculty of Nursing at the University of Pelita Harapan (UPH) and in 2017 the Company continued its commitment. Scholarship can help the students of the Faculty of nursing who need financial support to get and opportunity in education and to receive necessary professional training.

Based on data from the Ministry of Health, the number of nurses in Indonesia is on the increase. For example in 2015, there were 223,901 nurses and in 2016 this number increased to 288,405. Despite the continious incrase there is still an insufficient number of professional nurses to address the significant health needs throughout Indonesia.

Through this scholarship program, the Company contributes to improving the quality and competence of nursing professionals in Indonesia. The Company also hopes this scholarship program will increase young people’s interest to become professional nurses in order to fulfill the need of health workers in Indonesia, which is still not sufficient by now. The total amount of awarded scholarships is Rp11 billions.


Scholarship of Master of Management

In 2017 the Company continued its commitment in awarding several Master of Management (S2) Scholarships at the Universitas Pelita Harapan (UPH) Post Graduate program. Through this program, the Company is committed to improving the quality and competence of its employees to enable them making more contribution in the future time. The Company also expects the program to increase employees' interest in making the company the preferred workplace and at the same time making the employees able to compete with their counterparts in other companies of similiar industries.

Total scholarships granted to employees in 2017 were for 4 employees who have been through rigorous selection. The amount of awarded scholarships is Rp220 million.


Scholarship of Technical Certification

The Company also awarded a scholarship for "Technical Certification" programs which specifically for employees in the Technology & Engineering division. The amount of scholarship varies depending on the type of certification made by the employee.


Blood Donation

The Company has been proactive in organizing blood donor programs in partnership with the Indonesian Red Cross. In 2017 the Company started a Social Responsibility Program and organized 8 (six) blood donor events in Jakarta and Tangerang.

The Company held the following blood donation events as follows:

No. Date Location Participation
1 January 25, 2017 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 111
2 January 30, 2017 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 134
3 May 30, 2017 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 91
4 May 15, 2017 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 53
5 September 07, 2017 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 142
6 September 14, 2017 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 97
7 Desember 14, 2017 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 146
8 Desember 21, 2017 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 78

The Construction of University Indonesia Research Center Building

In March 2017, the Company together with other companies within Lippo Group agreed to build a research center building for University Indonesia. The construction of research center building is a form of mutual concern to upgrade the education field, research and as a community service which in the future will implemented by University Indonesia. The total contribution of the Company is Rp8.8 billion.


Internship and Practical Work Program

The Company cooperates with Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci and Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya provide opportunities for its students who meet the criteria to be able to do internship or practical work at the Company. This program is conducted to support students in their studies and provide sufficient supplies to students' early introduction to the world of work.


 

Corporate Social Responsibility Relates to Labor, Occupational Health and Safety Program


Employment

The Company realize various programs to fulfill the rights and obligations of employees in accordance with the laws and regulations of the Company as employment policies. In 2017 the Company implemented social responsibility programs to further strengthen the relationship between the Company and its employees. We believe that looking after the welfare of our employees is the foundation of building a trusting, productive and long term relationship. The Company’s financial goals are entwined with the welfare of our employees.


Employee Competency Development

To continually develop our staff the Company provides them with access to professional development in the form of courses, training and educational programs related to their field of work. This ensures the knowledge, expertise and technical ability of our staff is second to none in our industry.

The following is a schedule of the training conducted by the Company over the past three years:

Competency Development 2017 2016 2015
Total Training 35 35 29
Total Participants 877 900 710

Health Service

The Company ensures that all members of staff, their spouses and children are covered by health insurance. We are proud to make this investment in the health of our employees and their families. The good health of our employees is essential to maintining a highly productive and satisfied workforce. To help our staff to maintain their health we provide periodical medical check ups.

The Company partners with Lippo Insurance as well as the Indonesian governments health program via the Social Security Organizing Body known as the “BPJS”. The provisions, the procedures and the amount of allowances and/or healthcare facilities are provided separately by a decision letter of the Board of Directors guided by the prevailing laws and regulations.

The following is the total cost incurred by the Company for employees health care in the past three years:

Employee Health Care Costs 2017 2016 2015
Total (Rp) 8,609,097,859 6,730,968,256 7,876,726,929

Pension Program

Every employee who retires will receive a Pension Plan of the Company. The pension amount is in accordance with statutory provisions, except for employees who follow the plan with premiums/contributions paid by the Company.

The following is the Company's total expenditure on the pension program in the last three years:

Pension Program 2017 2016 2015
Total (Rp) 5,050,126,918 3,792,373,113 4,237,503,056

Other Employment Responsibility Policy

In addition to the above policies, the Company will also provide benefits to employees who get married, employees and the direct families of employees who died and benefits for business travel. In the case of official travel to carry out tasks according to positions and functions, by training/seminar or other assignments as necessary, the Company provides the official travel costs.


Work Safety and Occupational Health

We wish to have a workplace free from accidents and without occupation illness. Work safety is about performing work duties without accident by creating and mainting a safe working environment.

Work safety can be related to machineries, tools,  working equipment, materials, and working environment. Meanwhile, occupational health is the physical, mental and social conditions of the employees. We wish to protect our employees from diseases and health problems and be able to interact safely within its working environment.


Occupational Health and Safety (OH&S) Program

Occupational Safety and Health Program to improve safety awareness is carry out with a number of training related to occupational health and safety, both to employees and business partner, such as :

  • Safety induction
  • Training Splicing Fiber Optic
  • Training for construction and network installation
  • Fire Fighting
  • 5 "R" Program

The Company continues to work to improves a healthy, safe and comfortable working environment by providing facilities and equipment to prevent accidents, such as :

  • APAR
  • Hydrant System
  • Foam  System
  • Access Door System
  • Emergency Exit / Evacuation
  • CCTV system,

especially rooms with SCE (Safety Critical Equipment) category and also the application of measurable temperature and humidity systems, lighting and noise systems.

CSR 2016

Program Tanggung Jawab Sosial Terkait Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan


Kampanye STOP Narkoba

Sumber: www.beritasatu.com


Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara dan menjadi target pasar yang besar bagi jaringan pengedar narkoba internasional untuk menyelundupkannya. Menurut data dari Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN), terdapat barang bukti narkoba yang berhasil disita pada tahun 2015 di antaranya 1,9 ton ganja, 672.782 butir ekstasi, dan 2,6 ton shabu. Hal tersebut diperkirakan hanya sekitar 20% dari narkoba yang beredar yang disita oleh kepolisian dan ini masih menyisakan jumlah yang sangat signifikan.

Ada permasalahan sosial yang sangat besar yang dapat ditimbulkan dari obat-obatan terlarang (narkoba) yaitu antara lain masalah kesehatan, kriminalitas, dan hilangnya generasi masyarakat yang produktif bagi para pengguna narkoba. Selain itu terdapat juga dampak ekonomi yang sangat besar, yang diperkirakan mencapai sekitar Rp63,1 triliun pada tahun 2014

Narkoba memiliki dampak negatif yang sangat besar dalam hal sosial dan ekonomi masyarakat, hal ini mendorong Perseroan untuk bekerjasama dengan BNN untuk mengedukasi masyarakat mengenai dampak negatif dari penggunaan narkoba. Hal ini Perseroan lakukan dengan cara menayangkan iklan secara teratur pada kanal televisi milik Perseroan yang meninformasikan kepada masyarakat tentang bahaya kecanduan narkoba, akses rehabilitasi, berikut upaya pencegahan bagi keluarga dan masyarakat, serta akses pelaporan terhadap kejahatan terkait narkoba. Pada tanggal 27 September 2016, Perseroan sebagai bagian dari First Media Group telah menjalin kerjasama dengan BNN dengan tema “Kampanye Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba – STOP Narkoba”. 


Channel Balai Kota

Sumber: www.beritasatu.com


Perseroan memberikan akses ketersediaan akan stasiun telvisi pemerintah melalui “Balai Kota Channel”. Hal ini memungkinkan pemerintah untuk mengedukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pelayanan pemerintah yang akurat dan tidak bias.

Siaran yang disampaikan Balai Kota Channel meliputi pengumuman kebijakan, informasi mengenai pembangunan daerah dan promosi pariwisata. Balai Kota Channel berkembang menjadi suatu wadah yang dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka untuk daerahnya dan juga dapat memberikan kritik yang membangun kepada pemerintah. Tujuan dari stasiun televisi ini adalah untuk menciptakan komunikasi yang terbuka antara pemerintah dengan konstituennya yang diharapkan dapat memecahkan suatu masalah secara cepat dan dapat nenerapkan program-program pemerintah dengan tepat.

Sampai dengan akhir tahun 2016, Perseroan telah menjalin kerjasama dalam penyediaan Balai Kota Channel dengan 1 (satu) Pemerintah Provinsi (Pemprov) yaitu Jakarta dan 3 Pemerintah Kota (Pemkot) yang meliputi Bandung, Malang, dan Bogor. Pada tahun 2017, Perseroan akan melakukan ekspansi dengan menjalin kerjasama dengan Pemkot Medan dan Pemkot Batam.


Pemberian Beasiswa

Sumber: www.beritasatu.com


Pada tahun 2016 Perseroan melanjutkan komitmennya dalam pemberian beasiswa untuk Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Pelita Harapan (UPH). Perseroan memberikan dukungan untuk program beasiswa ini dengan membantu pembayaran bagi mahasiswa perawatan untuk menerima pelatihan yang profesional.

Berdasarkan data Departemen Kesehatan, jumlah perawat di Indonesia telah mengalami peningkatan. Pada tahun 2013 terdapat 288.405 perawat dan pada tahun 2014 jumlahnya meningkat menjadi 295.508 perawat. Meskipun jumlah perawat selalu mengalami kemaikan tetapi untuk jumlah perawat professional masih belum cukup untuk mengatasi kebutuhan kesehatan di seluruh Indonesia.

Melalui program beasiswa ini, Perseroan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para tenaga kesehatan profesional di Indonesia. Selain itu, Perseroan juga berharap program ini dapat meningkatkan minat generasi muda untuk menjadi perawat profesional demi memenuhi kebutuhan akan tenaga kesehatan di Indonesia.

Pada tahun kedua pemberian beasiswa, dana yang dikeluarkan olehPerseroan adalah sebesar Rp 3 miliar dan Perseroan berkomitmen melanjutkan pemberian dana ini di tahun 2017. Sehingga total beasiswa yang akan diberikan Perseroan berjumlah Rp 9 miliar. Program beasiswa ini meliputi biaya sekolah dan akomodasi.


Pembangunan Rumah Ibadah

Pada tahun 2016 Perseroan memberikan bantuan sebesar Rp 300 juta untuk pembangunan gedung HKBP Sudirman sejumlah. Kami bangga dapat membantu pembangunan gedung tempat ibadah yang diharapkan dapat mempererat hubungan dengan masyarakat.


Donor Darah

Menurut Kementerian Kesehatan, berdasarkan standar World Health Organization (WHO), jumlah minimal kebutuhan darah di Indonesia sekitar 5,1 juta kantong per tahun. Saat ini masih terjadi kekurangan jumlah produksi darah secara nasional sekitar 500 ribu kantong per tahunnya. Dalam upaya untuk memperbaiki kekurangan ini dan untuk memberi pengaruh positif pada kesehatan di Indonesia. Perseroan berperan aktif dalam menanganinya dengan mengadakan program donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia.. Selain itu, kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya donor darah dan memberikan manfaat untuk masyarakat. Pada tahun 2016, Perseroan melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dalam bentuk acara donor darah sebanyak 6 (enam) kali berlokasi di Jakarta dan Tangerang.

Perseroan mengadakan kegiatan donor darah dengan jadwal sebagai berikut:

No. Tanggal Lokasi Partisipasi
1 13 Januari 2016 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 144
2 28 Januari 2016 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 145
3 13 April 2016 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 122
4 28 Juli 2016 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 120
5 20 September 2016 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 98
6 2 November 2016 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 148

 

Program Tanggung Jawab Sosial Terkait Ketenagakerjaan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja


Ketenagakerjaan

Pada tahun 2016, Perseroan menerapkan program tanggung jawab sosial untuk lebih memperkuat hubungan antara Perusahaan dan karyawannya. Kami percaya bahwa menjaga kesejahteraan karyawan adalah dasar dari membangun kepercayaan, produktivitas dan hubungan jangka panjang terhadap Perseroan. Pada akhirnya tercapainya tujuan keuangan Perseroan akan berkaitan erat dengan kesejahteraan karyawan.


Pengembangan Kompetensi Karyawan

Untuk terus mengembangkan kemampuan karyawan, Perseroan menyediakan akses untuk pengembangan secara profesional dalam bentuk kursus, pelatihan dan program pendidikan yang terkait dengan bidang kerjanya. Hal ini memastikan bahwa pengetahuan, keahlian dan kemampuan teknis dari karyawan Perseroan tidak dapat ditandingi dalam persaingan industri.

Berikut ini adalah jadwal pelatihan yang dilakukan oleh Perseroan selama dua tahun terakhir:

Competency Development 2016 2015
Total Training 35 29
Total Participants 900 710

Pelayanan Kesehatan

Perseroan menjamin bahwa seluruh karyawan, pasangan dan anak-anak mereka dilindungi oleh asuransi kesehatan. Dalam hal ini, Perseroan bangga dapat memberikan jaminan kesehatan kepada karyawan dan keluarganya. Kesehatan karyawan sangat penting untuk mempertahankan tenaga kerja yang produktif dan memuaskan. Untuk membantu karyawan dalam menjaga kesehatan mereka, Perseroan menyediakan pemeriksaan kesehatan berkala.

Perseroan bekerjasama dengan Lippo Insurance serta program kesehatan pemerintah Indonesia melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dikenal sebagai “BPJS”. Ketentuan-ketentuan, prosedur, serta besarnya jumlah tunjangan dan/atau fasilitas perawatan kesehatan ditetapkan tersendiri melalui surat keputusan Direksi yang berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berikut ini adalah total biaya yang dikeluarkan oleh Perseroan untuk perawatan kesehatan karyawan dalam dua tahun terakhir:

Biaya Pelayanan Kesehatan Karyawan 2016 2015
Jumlah (Rp) 6.730.968.256 7.876.726.929

Pension Program

Setiap karyawan yang memasuki masa pensiun akan mendapatkan Jaminan Hari Tua dari Perseroan. Besarnya uang besarnya disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan, kecuali karyawan yang mengikuti program pensiun dengan premi/iuran yang dibayarkan oleh Perseroan.

Berikut jumlah pengeluaran Perseroan pada program pensiun dalam dua tahun terakhir:

Program Pensiun 2016 2015
Jumlah (Rp) 3.792.373.113 4.237.503.056

Kebijakan Tanggung Jawab Ketenagakerjaan Lainnya

Selain kebijakan Perseroan di atas, Perseroan juga memberikan tunjangan pada karyawan yang melaksanakan pernikahan, karyawan atau keluarga karyawan yang meninggal dunia, dan tunjangan untuk perjalanan dinas. Dalam hal perjalanan dinas untuk melaksanakan tugas sesuai dengan jabatan dan fungsinya, mengikut pelatihan/seminar atau penugasan lainnya sesuai keperluan Perseroan, Perseroan menyediakan biaya perjalanan dinas tersebut.


Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Perseroan menghendaki tempat kerja yang bebas dari kecelakaan dan infeksi penyakit. Keselamatan kerja adalah melakukan pekerjaan tanpa mengalami kecelakaan dengan menciptakan dan menjaga lingkungan kerja yang aman.

Keselamatan kerja dapat terkait dengan mesin, alat,  peralatan kerja, bahan, dan lingkungan kerja. Sementara itu, kesehatan kerja adalah kondisi fisik, mental dan sosial dari karyawan. Kami ingin melindungi karyawan dari penyakit dan masalah kesehatan sehingga karyawan dapat berinteraksi secara aman di dalam lingkungan kerja.


Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)


Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini dirancang untuk melatih staf, vendor dan kontraktor sehingga mereka dapat melakukan aktivitas pekerjaan mereka menggunakan standar K3. Program K3 dibagi ke dalam “Program Karyawan Link Net” dan “Program Rekan Kerja Link Net".

Program Karyawan Link Net melatih karyawan mengenai pentingnya keselamatan kerja, kesadaran di tempat kerja yang dan bagaimana menggunakan peralatan serta material kerja dengan benar. Program Rekan Kerja Link Net berfokus pada kegiatan instalasi dan konstruksi. Pelatihan yang diberikan melalui program K3 ini memastikan Perseroan mempertahankan praktek terbaik dan yang paling penting tempat kerja yang aman bagi karyawan kami.

CSR 2015

Program Tanggung Jawab Sosial Terkait Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan


Pemberian Beasiswa

Sumber: www.beritasatu.com


Pada tahun 2015 Perseroan memberikan beasiswa untuk Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Pelita Harapan (UPH) dengan membantu pembayaran bagi mahasiswa perawatan untuk menerima pelatihan yang profesional. Total beasiswa yang akan diberikan Perseroan berjumlah Rp 9 miliar untuk 3 tahun sampai dengan tahun 2017. Pada tahun 2015 dana yang dikeluarkan oleh Perseroan adalah sebesar Rp 3 miliar.

Melalui program beasiswa ini, Perseroan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para tenaga kesehatan profesional di Indonesia. Selain itu, Perseroan juga berharap program ini dapat meningkatkan minat generasi muda untuk menjadi perawat profesional demi memenuhi kebutuhan akan tenaga kesehatan di Indonesia.

Donor Darah

Perseroan pada tahun 2015 melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial berupa kegiatan donor darah sebanyak 6 (enam) kali, berlokasi di Jakarta dan Tangerang. Program Donor Darah Perseroan dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (“PMI”). Menurut Ketua Umum PMI Bapak Jusuf Kalla mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan 5 juta kantong darah per tahun atau 2% dari jumlah penduduk. Fakta ini menggerakkan Perseroan untuk aktif mengadakan program donor darah sebagai langkah membantu pemerintah khususnya PMI, selain itu mendorong karyawannya agar sadar pentingnya donor darah untuk kepentingan masyarakat.

Perseroan mengadakan kegiatan donor darah dengan jadwal sebagai berikut:

No. Date Location Participation
1 14 Januari 2015 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 155
2 17 Maret 2015 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 147
3 7 Mei 2015 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 93
4 10 Juni 2015 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 110
5 3 September 2015 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 81
6 30 September 2015 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 128

 

Program Tanggung Jawab Sosial Terkait Ketenagakerjaan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja


Pengembangan Kompetensi Karyawan

Perseroan pada tahun 2015 melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial untuk lingkungan internalnya. Perseroan dan tenaga kerja merupakan pasangan hidup yang saling memberi dan membutuhkan kontribusi serta harmonisasi. Keduanya akan menentukan keberhasilan dan perkembangan bisnis Perseroan.

Sebagai bentuk perhatian Perseroan terhadap tenaga kerjanya, maka Perseroan memberikan pelatihan hard maupun soft skill kepada setiap karyawan agar nilai kompetensi semakin meningkat. Perseroan berkomitmen untuk membangun kekuatan, kompetensi pemimpin yang memiliki kekuatan karakter untuk mendukung tercapainya tujuan Perseroan. Oleh karena itu kami memiliki program pengembangan yang komprehensif yang dapat membangun dan meningkatkan jiwa kepemimpinan, kompetensi dan keterampilan setiap karyawan.

Pada tahun 2015, Perseroan berhasil melaksanakan 4.880 jam pelatihan untuk program Kepemimpinan dan Manajerial dan 1.238 jam pelatihan untuk program Keterampilan Teknis (bekerjasama dengan rekan-rekan yang merupakan bentuk kontribusi mereka untuk Perseroan). Sebanyak 594 karyawan mengikuti program (78% dari total populasi) dengan minimum 1,4 mandays/tahun.


Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Keselamatan Kerja adalah usaha dalam melakukan pekerjaan tanpa kecelakaan, memberikan suasana lingkungan kerja yang aman dan dicapainya hasil yang menguntungkan serta bebas dari bahaya Kecelakaan Kerja atau Penyakit Akibat Kerja. Keselamatan Kerja berhubungan dengan Mesin/ Peralatan/Perlengkapan Kerja/ Bahan-bahan/ Lingkungan Kerja.

Sedangkan Kesehatan Kerja adalah kondisi fisik, mental dan sosial dari tenaga kerja agar terlindungi dari segala penyakit atau gangguan kesehatan dan mampu berinteraksi dengan lingkungan pekerjaannya.

   

Aktivitas Perseroan dalam K3 tercermin dalam beberapa acara, salah satunya ialah pelatihan menghadapi kebakaran yang diadakan pada tanggal 22 Mei 2015. Acara tersebut dilakukan Perseroan pada kantor operasional Perseroan di Lippo Cyber Park, Karawaci, Tangerang dengan pesertanya ialah Karyawan, Petugas Keamanan dan Pengunjung yang seluruhnya berjumlah 506 partisipan.

CSR 2014

Donor Darah

Perseroan pada tahun 2014 melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial sebanyak 6 (enam) kali berlokasi di Jakarta dan Tangerang. Program Donor Darah Perseroan dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (“PMI”). Menurut Ketua Umum Palang Merah Indonesia Bapak Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia membutuhkan 5 juta kantong darah per tahun atau dua persen dari jumlah penduduk. Fakta ini menggerakan Perseroan untuk aktif mengadakan program donor darah sebagai langkah membantu Pemerintah khususnya PMI, selain itu mendorong karyawannya agar sadar pentingnya donor darah untuk kepentingan masyarakat.

Perseroan mengadakan kegiatan donor darah dengan jadwal sebagai berikut :

No. Tanggal Lokasi Partisipasi
1 13 Maret 2014 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 127
2 18 Maret 2014 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 141
3 12 Juni 2014 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 152
4 11 September 2014 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 158
5 15 Oktober 2014 Gedung BeritaSatu Plaza, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.35-36, Jakarta 12950 – Indonesia 139
6 16 Desember 2014 Lippo Cyber Park, Bulevar Gajah Mada, Lippo Karawaci, Tangerang 15811 – Indonesia 125

CSR 2013

Pada tahun 2013, Perseroan memiliki tiga program utama tanggung jawab sosial, yaitu :

  1. Program Donor Darah.
  2. Bantuan dana tunai Sekolah Lentera Harapan Lampung.
  3. Pemasangan koneksi internet di Sekolah Islam Terpadu Darrutaubah.

Dari ketiga program ini tema tanggung jawab Perseroan pada tahun ini adalah kesehatan dan kelancaran proses pendidikan. Program donor darah dilaksanakan pada awal tahun tepat pada bulan Februari hingga Desember, secara angka partisipan ada sekitar 600 orang menyumbangkan darah untuk masyarakat luas yang memerlukan kebutuhan darah. Di waktu yang bersamaan perseroan memberikan bantuan dana tunai kepada Sekolah Lentera Harapan di Lampung untuk kelancaran proses pendidikan. Program bantuan dana tunai kepada Sekolah Lentera Harapan Lampung sudah dilaksanakan pada tahun 2012, namun Perseroan berkomitmen untuk membantu sekolah tersebut selama dua tahun.
Program tanggung jawab Perseroan pada penutupan tahun 2013 bertempat di Sekolah Islam terpadu Darrutaubah, kota Bekasi. Sebagai bentuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengetahuan siswa khususnya dunia internet, Perseroan membangun jaringan koneksi internet di dalam laboratorium komputer secara gratis selama satu tahun. Program jaringan koneksi internet khususnya di sekolah merupakan hal terpenting bagi Perseroan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perseroan berharap dengan adanya internet, siswa siswi dalam Sekolah Islam Terpadu Darrutaubah dapat menambah wawasan akan perkembangan teknologi dan informasi.

CSR 2012

PEDULI PENDIDIKAN
Komite Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) memutuskan program CSR lebih terfokus pada pendidikan, dengan pertimbangan bahwa generasi yang akan dibentuk melalui pendidikan adalah generasi penerus yang berkualitas. Program CSR yang dipilih adalah penyediaan fasilitas koneksi internet, karena internet dapat meningkatkan kualitas pendidikan, yang pada gilirannya dapat mencerdaskan bangsa. Mudah-mudahan dengan internet akan memberikan akses yang lebih luas untuk administrator sekolah dan siswa untuk mendapatkan informasi apapun yang diperlukan untuk proses pembelajaran.
Menyediakan Koneksi / Akses Internet untuk Sekolah Lentera Harapan. Pemasangan Internet untuk Sekolah Lentera Harapan Koja diselenggarakan pada Selasa, 31 Juli 2012 di mana instalasi dilakukan di laboratorium komputer. Lab komputer dilengkapi dengan satu modem FastNet Express, 1 router D-Link 24 port, 14 Komputer Personal (9 di ruang Lab, 2 di ruang lounge dan 3 di ruang kantor).

 

SEKOLAH LENTERA HARAPAN Komplek PELINDO 1
BANDAR 2 NO. 28 RAWA Badak, Koja
JAKARTA UTARA 14230


Pemasangan Internet untuk Sekolah Lentera Harapan Curug Karawaci dilakukan pada Kamis, 16 Agustus 16 2012, di mana instalasi dilakukan untuk lokasi-lokasi berikut;

  1. Di ruang lab komputer untuk siswa SMP dan SMA di lantai 1, disediakan 15 perangkat komputer.
  2. Di ruang lab komputer untuk siswa TK dan SD di lantai 2, disediakan 25 perangkat komputer.
  3. Di ruang perpustakaan di lantai 2, disediakan 1 perangkat komputer.

 

SEKOLAH LENTERA HARAPAN LAMPUNG (ADOPSI SEKOLAH)

Sekolah Lentera Harapan Jati Agung Lampung adalah sekolah pertama yang didirikan oleh Yayasan Pelita Harapan. Sekolah tersebut terletak jauh dari pusat kota dengan fasilitas sekolah yang sangat terbatas. Sekolah ini didirikan dengan misi untuk memberikan kesempatan bagi anak Pengadilan Jati 2 wilayah Selatan Lampung untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.
1. Menyediakan Fasilitas Olahraga
Fasilitas olahraga merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting dalam proses pengembangan sekolah. Untuk itu Perseroan berkomitmen untuk membangun fasilitas olahraga yang tidak hanya digunakan oleh sekolah, tetapi juga sarana olahraga untuk masyarakat sekitar sekolah. Hal ini sangat penting dalam rangka untuk lebih mendekatkan sekolah dengan masyarakat sekitar, sehingga tercipta hubungan yang lebih harmonis untuk mendukung pengembangan Sekolah Lentera Harapan Jati Agung Lampung. Berdasarkan diskusi dengan Yayasan Pelita Harapan, diputuskan bahwa ada dua fasilitas olahraga yang diperlukan, maka Perseroan berkomitmen untuk membangun dua fasilitas olahraga yakni lapangan bulutangkis dan lapangan basket.
2.  Kontribusi Dana
Untuk mendukung kegiatan operasional Sekolah Lentera Harapan Jati Agung - Lampung, Perseroan memberikan dukungan penuh dalam bentuk penyediaan dana sekolah selama dua tahun, yakni sejak bulan September 2012 sampai dengan bulan Agustus 2014.

 

DONASI BUKU

Perseroan juga mengundang dan mendorong para karyawan untuk lebih peduli dengan “Donasi Buku” yang dilakukan setiap bulan. Moto utama “Bagi Buku Anda Simpan Hidup Anak”, selama 3 bulan dari pelaksanaan CSR panitia telah menerima sumbangan dari total sebanyak 174 judul terdiri dari 107 buah buku bacaan untuk TK - SD, 17 pcs buku pelajaran untuk SD, 40 pcs buku pelajaran untuk SMP - SMA, 10 pcs buku pelajaran untuk SMP - SMA. Buku-buku yang telah disumbangkan ke sekolah berkumpul di sekitar Karawaci.

 

DONOR DARAH

Perseroan ini juga sangat prihatin dengan keselamatan jiwa manusia. Dengan moto “Berikan Darah Simpan Hidup” yang diselenggarakan komite CSR program donor darah secara teratur, setiap 3 bulan. Kegiatan ini dilakukan di dua lokasi utama di kantor operasional Perseroan di Citra Graha dan Cyber Park Karawaci. Keterlibatan karyawan dalam program donor darah adalah sangat tinggi dilihat dari jumlah karyawan yang mendaftar atau mendaftar dan menyumbangkan darah.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

© 2017, PT Link Net Tbk